Esmertec JBed - Emulator Java terbaik di Windows Mobile

Friends pasti pernah ngalamin, nemu software bagus tapi sayangnya ber-platform Java. Sebagai contoh sebut saja, Morange V, Mig33 (sudah ada cab untuk WM tapi masih versi 3.06, padahal versi java-nya sudah versi 4.0), Nimbuzz, atau bermacam-macam games. Sekarang tidak perlu khawatir lagi. Buat Windows Mobile user, sudah ada emulator Java yang support sebagian besar aplikasi Java. Apa lagi kalau bukan Esmertec JBed. Selanjutanya kalau sudah membicarakan sistem operasi Windows Mobile, apalagi kalau bukan Modifying dan developing...

Esmertec Jbed yang dulu hanya kita dapat dari ROM pabrikan, kini sudah bisa kita unduh dan kita install secara terpisah. Lebih istimewanya lagi, Esmertec JBed mod-an sekarang bisa kita install di storage card. Jadi kita sudah tidak perlu khawatir lagi dengan permasalahan free space internal memory di handheld kita.

Salah satu emulator Java yang paling up-date adalah Esmertec Jbed Rose. Saya menemukan Rose-version ini di Sony Ericsson Xperia. Icon-nya berbeda dengan Esmertec JBed sebelumnya yang hanya berlambangkan huruf 'E' atau gambar seperti cangkir. Versi terkahir Esmertec JBed ini memilii icon huruf 'E' dengan hiasan kecil di bagian atasnya. Pada Sony Ericsson Xperia, ada satu kelebihan yang saya temukan. Yaitu apabila kita meng-install aplikasi Java pada Jbed, maka secara otomatis akan muncul pula shortcut ke Aplikasi Java tersebut pada menu Program. Ini memudahkan kita untuk mengakses aplikasi Java favorite kita.

Bagi yang ingin mencoba, rekan-rekan dapat mengunduhnya pada link di bawah ini.

Esmertec JBed Rose dated October 23rd 2008 - Try this here

Esmertec JBed version 3.1 dated May 23rd 2008 - Try this here

Esmertec JBed version 3.1 dated February 22nd 2008 - Try this here

Esmertec JBed version 3.1 deted February 4th 2008 - Try this here

Esmertec JBed (JRibeiro) version 3.1 dated November 19th 2007 - Try this here

Enough for JBed...

And this one is not JBed, but it's quite reliable. Try JBlend here

Most of the CAB were made for Windows Mobile based Smartphones. But I've tried them to the Windows Mobile based Pocket PC. And they're running pretty well.

Happy testing...

Comments