Tutorial upgrade Nexian Journey dari Eclair ke Phantom Sky Revolution

Mengapa Phantom Sky Revolution? Karena sampai saat ini, IMHO, ROM ini adalah ROM paling speedy, stable, dan irit batere. Klo ada yang berpendapat lain menurut saya wajar, karena selera dan experience berbeda2.



Persiapan buat yang pertama:

* Journey dalam keadaan Eclair ROOTED
* Driver sesuai OS komputer/laptop (download di sini). Langsung extract aja.
* SUT LR (Software untuk upgrade Journey) (downlad di sini atau sini). Extract dan langsung install aja. Kadang perlu .NET compact framework. Tapi coba dulu aja. klo ga bisa, install dulu .NET dari microsoft.
* File ROM Upgrade (download di link hot file ini atau mediafire ini). Lalu extract ke komputer anda. Password -> Phantom.
* Software untuk bikin partisi microSD. Ini SANGAT diperlukan untuk app2sd/ext. Agar internal memory tidak penuh2. Pake ini aja, Partition Manager Personal 11.0. Karena Recovery yang terdapat di ROM, tidak mendukung pembuatan partisi, kita perlu membuat partisi via PC. jika terasa suliit, partitioning bisa ditunda, dan dilakukan sesudah upgrade ROM.

Quick Info
Recovery Mode: Vol_Up + Camera + Power
Download Mode: End_call + Vol_Up + Power
Master Reset: End_call + Camera + Power
Fastboot Mode: End_call + Vol_Down + Power
FTM Mode: Vol_Up + Vol_Down + Power

Langkah2:
1. Install Modem driver. Caranya, masuk ke Download Mode, lalu sambungkan Journey ke PC. Nanti dia akan minta driver. INSTALL SECARA MANUAL DENGAN DRIVER YANG SAYA SEDIAKAN DI ATAS. JANGAN CONNECT TO NETWORK atau INSTALL DRIVER AUTOMATICALLY. PILIH SELECT DRIVER MANUALLY, SHOW ALL DRIVER, KLIK HAVE DISK, dan BROWSE KE DRIVER YANG SAYA BERIKAN DI ATAS. Ingat sesuaikan dengan OS anda, 32bit/86bit untuk RAM di bawah 4 GB. Dan 64bit untuk 4 GB keatas. Sesudah terinstal, lepas dari komputer, lepas dari PC. Lalu lepas baterai, supaya mati.
2. Siapkan micro SD yang sudah dipartisi, 32MB untuk Swap, Minimal 512MB untuk ext3 dan semua sisanya biarkan dalam bentuk Fat atau Fat32 (ini penting supaya device kita bisa mendapatkan fitur app2SD). Gunakan software di atas (Partition Manager Personal 11.0) untuk membuat partisi. JIKA SULIT, lakukan partitioning sesudah upgrade saja. TUTORIAL ADA DI BAWAH.
3. Run SUT LR yang tadi sudah di-install. Klik next, dan browse file ROM upgrade yang tadi sudah anda download dan extract ke PC (jika belum di-rename, namanya: phantom_sky_revolution_v1.nb0). Kemudian akan muncul drop down menu. Pilih erase user data.
4. Kembali ke Nexian Journey, masukkan lagi Nejur ke Download Mode. Lalu sambungkan ke PC. JIKA INSTALASI DRIVER (LANGKAH 1) OK, MAKA PADA SUT LR AKAN TERTULIS PHONE/DEVICE IS CONNECTED, atau perangkat tersambung. KLIK Next, lalu tunggu sampai semua proses selesai. Diamkan saja selama 15 menit-an. Proses berjalan otomatis, kita tinggal duduk menikmati kopi.

Selesai...
Kasih tahu saya klo anda berhasil yaaa....

Ohya tambahan,
Untuk yang pake microSD biasa, bukan class 4 ke atas, silahkan masuk ke Phantom Setting, Sd-Ext > nyalakan hanya App2ext (jika anda membuat partrisi seperti instruksi saya di atas). Jangan aktifkan Dalvik2ext dan Data2ext.
Untuk memperirit batere, masuk Phantom Settings. Masuk ke Advanced, matikan hardware accelerator. Ini tidak terlalu dibutuhkan.

Membuat partisi microSD via Clockworkmod Recovery.
Lakukan segera setelah upgrade ROM. Atau backup dulu data2 anda di microSD. Ini karena partitioning akan menghapus isi microSD.
1. Pergi ke pasar, download ROM Manager. Run, lalu klik fix permission (ROM Manager baru susah dapet root acces). Device akan reboot. Lalu run kembali ClockworkMod.
2. pilih Flash ClockworkMod Recovery (ini akan mengganti recovery anda)
3. Confirm phone Mode > Commtiva Z71 (Boston, Blaze, and more). Selanjutnya ia akan mengunduh dan menginstall Recovery buatan ClockworkMod.
4. Tunggu download dan flashing selesai. jika sudah, klik 'reboot into recovery'. Anda akan masuk ke Recovery buatan ClockworkMod.
5. Anda pilih Advanced >Partition SD Card > 512 untuk ext dan 32 untuk SWAP > lalu lanjutkan sesuai instruksi. Setelah selesai, reboot device.
Sayangnya metode Clockwork ini tidak mendukung ext3. Sekedar info, ext3 lebih cepat dan sudah mendukung indexing, sehingga kemungkinan file hilang lebih kecil. Tapi, ext2 pun bukan masalah besar..


That's all...

Comments

Post a Comment