Smartphone for Smart Ladies



Sharp melalui Willcom (salah satu operator seluler besar di Jepang) pada bulan Juli 2008 merilis Smartphone elegan yang ditujukan terutama bagi kaum wanita. Gadget itu sendiri diberi label SHARP WS020SH yang dirilis Willcom dengan nama WILLCOM 03 SW020SH.

Disain dari WILLCOM 03 SW020SH ini flat dengan pilihan 3 warna yaitu Pink (Pink Tone), Lemon (Lime Tone), dan Gold (Gold Tone). Disain yang flat dan sleek ini memang sangat elegan, dan tepat untuk pasaran yang dituju yaitu wanita bekerja (Office Lady). Tetapi seiring sambutan yang baik dari pasar Willcom yang ternyata bukan hanya kaum yanita, Sharp akhirnya mengeluarkan satu warna lagi, yaitu hitam (Black Tone).

Keunggulan yang luar biasa dari WILLCOM 03 SW020SH adalah Illumination Touch yang memungkinkan kita mengubah panel navigasi gadget sesuai keinginan kita tanpa adanya tombol hardware seperti kebanyakan piranti pada umumnya. Panel di depan hanya merupakan iluminasi (semacam cahaya LED) yang dapat diubah antara 'Cursor Key Mode' atau 'Dial Key Mode'. Tadinya saya berfikir, Sharp mengeluarkan 2 tipe untuk seri SW020SH ini, tetapi setelah membaca spesifikasinya, ternyata ini adalah 'Illumination Touch'. Fitur yang belum pernah saya ditemukan pada gadget-gadget lain.
Pada 'Cursor Key Mode', device akan terlihat seperti Pocket PC yang hanya memiliki tombol navigasi 5 arah, dial dan end call, Start menu, Ok, menu dan clear. Tetapi jika kita ubah ke 'Dial Key Mode', cahaya di depan akan berubah menjadi tombol yang mewakili dial pad seperti pada handphone konvensional. This is Awesome!!

Seperti kebanyakan Pocket PC Smartphone lainnya, WILLCOM 03 SW020SH dapat dioperasikan dengan mudah dengan hanya menyentuh layarnya (touchscreen). Tapi bukan hanya itu, WILLCOM 03 SW020SH memiliki hardware slide QWERTY keyboard yang dapat kita slide dari sisi kiri belakangnya. Hardware keyboard ini menggunakan standard Jepang. Jadi tidak nya tertulis alfabet latin, tetapi juga hiragana juga tombol switch input.

Sebenarnya gadget ini bukan tergolong Smartphone, malainkan Pocket PC (PDA). Karena ia menggunakan sistem operasi berbasis Microsoft Windows Mobile 6.1 Classic (Japanese). Dan yang disebut Pocket PC ya Pocket PC. Bermacam -macam software mulai dari Office, PDF, Outlook, Internet Explorer, Opera browser, Java MIDP, Windows Media player dan sebagainya. Memungkinkan kita untuk menggunakannya bukan hanya sebagai sarana komunikasi, tetapi juga sebagai one stop mobile office, entertainment, social, and education gadget. Display layar memiliki diagonal 3 inchi dengan resolusi sama dengan Sony Ericsson Xperia yaitu 480pxlx800pxl (WVGA). Mengenai spesifikasi lebih lanjut dapat dilihat pada bagian bawah post ini.

Overall, gadget ini sudah sangat memuaskan buat usernya. Speed processor kencang, RAM 128 MB saya rasa cukup, Wifi, Display besar, QWERTY keyboard, dan masih sangat banyak keunggulan hardware-nya. Mengenai disain, tidak perlau banyak komentar. Tipis, flat and sleek, Illuminaton Touch (yang sangat luardan pilihan 4 warna, apalagi dengan pilihan warna Pink yang bisa dikatakan baru di dunia Pocket PC, WILLCOM 03 SW020SH benar-benar kolaborasi yang baik antara SHARP, WINDOWS MOBILE, dan WILLCOM. Tapi sayang bukan kepalang, WILLCOM 03 SW020SH saat ini hanya dirilis di Jepang dengan jaringan PHS yang saaaangaaaaaaaaaaaaaaaaat tidak umum digunakan di negara selain Jepang. Di Jepang pun setahu saya haya WILLCOM yang menggunakan jaringan ini.



Final specifications

Predecessor+Model : Sharp W-ZERO3 [es] WS011SH
Dimensions : 50 x 116 x 17.9 millimetres
Mass : 135 grams (battery included)

Software Environment
Operating System : Microsoft Windows Mobile 6.1 Classic Japanese

Microprocessor : Chipset
CPU : 32bit Intel XScale PXA270
CPU Clock : 520 MHz

Memory, Storage capacity
ROM capacity : 256 MiB
RAM capacity : 128 MiB

Display
Display_Type : color transflective TFT , 65536 scales
Display;Diagonal : 3 "
Display-Resolution : 800 x 480

Sound
Microphone(s) : mono
Loudspeaker(s) : mono
Audio Output : 2.5mm

Cellular-Phone
Cellular-Networks : PHS
Call;Alert : 64 -chord melody
Vibrating-Alert : Supported
Speakerphone : Supported

Control Peripherals
Positioning-Device : Touchscreen
Primary-Keyboard : Slide-out QWERTY-type keyboard
Directional Pad : 5 -way
Scroll Wheel : Not supported

Interfaces
Expansion Slots : microSD, microSDHC, TransFlash, SDIO
USB : USB 2.0 client, 12Mbit/s
USB Micro-AB
Bluetooth : Bluetooth 2.0
Wireless LAN : 802.11b, 802.11g
Infrared-Gate : 115200bit/s (SIR/CIR)

Multimedia+Telecommunication
Analog-Radio_Receiver : Not supported
Digital-Media:Broadcast-Tuner: ISDB-T 1-Seg

Built-in Digital+Camera
Main Camera : 1.9 MP
Autofocus+(AF) : Supported
Optical Zoom : 1 x

Additional+Details
Battery : removable

Comments