Review TelkomselFlash Unlimited (and Matrix Broadband ^^)

Sudah beberapa minggu terakhir ini saya menggunakan layanan Internet Unlimited yang diberikan oleh Telkomsel. Proses registrasi mudah, pengoperasiannya pun mudah, tinggal pakai dan dievaluasi seberapa baik produknya.

Layanan yang saya subscribe adalah TelkomselFlash Unlimited paket basic, 125 ribu per bulan tanpa modem, dengan kecepatan download maksimum 256 kbps.

Setelah menggunakan saya menemukan beberapa hal sebagai berikut.

CONNECTION SPEED



Kecepatan akses bisa dikatakan luar biasa. Untuk paket 125 ribu dengan penggunaan bebas, ini melampaui yang saya harapkan.
Di atas tertera kecepatan download 248 kbps. Dengan "b" kecil. b kecil adalah "bit", yang ukurannya 1/8 dari B besar atau "Byte". Berarti jika kita hitung dengan Byte maka kecepatan download-nya 31 kBps.

Ini sangat jauh dengan kecepatan koneksi Matrix Broadband yang maksimal hanya mencapai 6 kBps.



Meskipun demikian perlu diketahui bahwa kecepatan koneksi sangat dipengaruhi oleh BTS, traffic, lokasi dan lain sebagainya. Saya sendiri menggunakan layanan internet ini di rumah, daerah pasar rebo, pinggiran Jakarta Timur yang tidak tercerahkan signal 3G Indosat. Jadi dapat dikatakan, komparasi ini tidak adil.


CONNECTION STABILITY

Mengenai stabilitas koneksi, TelkomselFlash ini tidak begitu sempurna. Tetapi ketidak-stabilan ini sangat jarang terjadi. Dari kira-kira 2 minggu menggunakan TelkomselFlash Unlimited, koneksi terputus-putus hanya terjadi 3 kali, hanya selama beberapa jam, dalam waktu 2 hari. Sisanya full connection with the speed I've mentioned above.
Matrix jauh lebih stabil dalam hal koneksi.


NETWORK ACCESS
So far, ngga ada masalah dengan akses internet. Rapidshare juga bisa diakses tanpa sedikitpun kesulitan. Belom ada situs yang di-block, atau inaccessible dengan menggunakan TelkomseFlash Unlimited ini.


Satu kekurangan yang harus diperbaiki Telkomsel adalah apabila kita melakukan check pemakaian dengan men-dial *888#, kita harus siap-siap obat jantung. Karena setiap akses internet yang kita gunakan akan terus terhitung pada jumlah pemakaian *888#. Berjuta-juta rupiah besarnya tergantung pemakaian kita. X_X
Tapi tenang saja, karena kita mnggunakan akses unlimited, maka tagihan bulanan kita tidak akan sebesar itu. Tagihan berjalan yang reliabel dapat diketahui dengan men-dial *999# lalu pilih menu 1 dan 1. Meski telat 1 - 2 hari, pengecekan tagihan berjalan melalui *999# lebih aman buat jatung anda...

Comments